Peran Ilmu Matematika dalam Ilmu Fisika Beserta Contoh Soal

advertise here
Hai netter,, pada halaman kali ini akan dibahas tentang seberapa penting ilmu matematika dalam pelajaran Fisika karena diketahui sendiri Fisika merupakan cabang ilmu yang mengandung sangat banyak persamaan atau rumus. Rumus dalam fisika sendiri sebenarnya diperoleh dari berbagai persamaan matematika, seperti differensial (penurunan) dan integral.


Selain dari ilmu matematika itu sendiri, fisika tidak akan dapat dikembangkan menjadi persamaan yang lebih jauh bahkan sudah banyak persamaan fisika yang sangat rumit hingga saat ini, seperti dalam ilmu fisika modern dan kuantum.

Kesulitan kita dalam mempelajari fisika terletak pada pengetahuan kita tentang matematika juga. Soal fisika juga merupakan soal yang rumit dikarenakan kesulitan kita mencerna soal dengan baik bahkan persamaan yang kita sudah ketahui akan tidak dapat digunakan untuk menyelesaikan soal yang diberikan dikarena cara kita mencerna dan memahami soal yang salah, padahal rumus yang digunakan ialah rumus yang kita benar-benar tahu. Hal seperti itu biasanya dikarenakan kurangnya pengetahuan kita tentang ilmu matematika, sehingga kita tidak dapat mengotak-atik persamaan fisika sedemikian rupa sehingga tidak dapat menyelesaikan soal fisika yang dikerjakan.

Sampai saat ini hal terpenting menurut saya agar kita mudah mempelajari fisika ialah menguasai beberapa ilmu matematika seperti differensial dan integral. Kedua persamaan matematika tersebut sangat berperan penting pada pengembangan persamaan fisika menjadi persamaan baru. Penguasaan mengotak-atik persamaan dengan perkalian dan pembagian dengan cara sedemikian rupa akan membuat kita mudah untuk menyelesaikan soal fisika.

Apabila soalnya sudah kita cerna dengan baik dan sudah tahu apa yang ingin dicari dari soal maka dengan penguasaan mengotak-atik rumus dengan ilmu matematika akan membuat kita sangat mudah menyelesaikan soal tersebut.

Sebagai contoh:
Sebuah gaya sebasar 5 Newton diberikan pada sebuah bola sehingga bergerak selama 15 detik dengan kecepatan rata-rata 10 m/s. Berapa massa bola pada peristiwa tersebut?

Penyelesaiannya:
Telah diketahui bahwa rumus gaya ialah F = m.a. Namun pada soal tidak terdapat percepatan bola. Biasanya disini banyak yang mulai bingung apalagi terdapat variabel waktu yang diketahui pada soal, padahal massa tidak memiliki hubungan langsung dengan waktu. Disini diperlukan waktu sedikit untuk berpikir.

Langkah awal yang sebaiknya diambil ialah mencerna soal dengan baik, kemudian mencaritahu rumus mana yang dapat menghubungkan massa dengan waktu. Langkah selanjutnya catat atau bahas lainnya cakar baik-baik persamaan yang kita ingat sehingga kita dapat menentukan persamaaan apa yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pada soal tadi.

Sebenarnya clue atau kata kuncinya sudah ada pada soal. Pertama ada gaya, dan gaya memiliki hubungan langsung dengan massa (F = m.a), kedua kecepatan dapat diturunkan menjadi percepatan atau dengan kata lain dengan persamaan kecepatan kita tidak usah lagi mencaritahu berapa jarak yang ditempuh. Nah disinilah peran ilmu matematika karena kita dapat langsung membagi kecepatan dengan waktu sehingga menjadi percepatan, maka:


Jadi penyelesaian dan solusi untuk soal di atas seperti itu. Maka massa bola yang didapatkan ialah 2 Kg. Dengan mencerna soal dengan baik dan keterampilan dalam mengotak-atik rumus dengan ilmu matematika maka akan mudah menyelesaikan soal fisika yang dianggap rumit.
Mungkin sampai disini dulu pembahasan tentang seberapa penting peran ilmu matematika dalam bidang ilmu fisika, untuk pembuktian pengembangan persamaan fisika itu dihasilkan dari persamaan matematika serta solusi lain dalam menghadapi soal fisika akan dibahas pada artikel-artikel selanjutnya. Terima kasih telah membaca hingga akhir, dan maaf jika ada atau banyak kata yang keliru. Terus belajar, tetap semangat dan wassalam…. ^_^